TIPE JARINGAN BERDASARKAN TOPOLOGI
1.   
           TOPOLOGI BUS

Pada topologi bus,kedua ujung jaringan harus di akhiri dengan sebuah terminator.
Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya .jaringan hanya terdiri dari saluran kabel Bus.komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat menggantikan dirinya dengan mentap ethernetnya sepanjang  kabel .

 gambar topologi bus:
Instalasi jaringan sangat sederhana. Murah dan maksimal terdiri dari atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dialami kemungkinan terjadi tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan menggunakan kinerja dan trafik seluruh jaringan .

2.TOPOLOGI STAR
  
  Pada topologi star (bintang), semua komputer mengelilingi hub pusat . yang mengontrol komunikasi jaringan dan dapat berkomunikasi dengan hub lain. Batas jarak komputer dengan hub lain. Batas jarak komputer dengan hub sekitar 100 meter .setiap node pada jaringan akan berkomunikasi melalui node pusat atau konsentrator terlebih dahulu sebelum menuju server. Jaringan lebih fleksibel dan luas di bandingkan dua topologi lainnya.

      gambar topologi star :

Keunggulan topologi star adalah jika salah satu node putus maka tidak akan mengganggu kinerja jaringan lainnya . kabel yang bias digunakan adalah kabel UTP(unshielded twisted pair)

3.TOPOLOGI RING (CINCIN)
  
  Pada topologi ring (cincin) .jaringan membentuk lingkaran tertutup sehingga mengesankan cincin tanpa ujung komputer terkoneksi satu dengan yang lain seperti sebuah cincin sinyal akan mengalir satu arah sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan paket.
Namun,salah satu komputer yang putus atau tetap mempengaruhi keseluruhan jaringan.

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top